Aplikasi Model Tiktok Sebagai Strategi Pembelajaran
Aplikasi Model Tiktok Sebagai Strategi Pembelajaran 
( Richarda Mevy Djeradut, S.Si, Guru
Matematika SMP Negeri 1 Komodo, Labuan Bajo)
Pembelajaran matematika merupakan
salah satu mata pelajaran yang menjadi momok dan menegangkan bagi kalangan
siswa, hampir pada semua level, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan
Menengah. Tapi bagi setiap guru mata pelajaran matematika memiliki kepiawaian
untuk mendekatkan pelajaran matematika dengan berbagai cara, strategi dan
kiat-kiat yang dianggap bisa diterima oleh anak didik di kelas.
Pembelajaran di tengah masa
Pandemi Corona( covid-19) ini, yang sudah berjalan setahun lebih; dengan
pendekatan pembelajaran dari rumah( BDR), dengan beraneka ragam tantangan
sekaligus peluang untuk dapat dijadikan sebuah model pembelajaran  untuk guru tampil elegan; kreatif kritis, dan
koperatif, dan kolaboratif (C4), dengan karakter siswa yang dapat mengikuti
panduan guru matematika untuk memahami matematika secara baik mudah dimengerti
oleh kalangan siswa. Bentuk dan aplikasi yang dikembangkan guru dan siswa
adalah pendekatan strategi aplikasi Tiktok.
Ternyata, para siswa yang diasuh
dan mempelajari mata pelajaran matematika dengan penuh gembira dan rasa ingin
tahu yang tinggi dan saling  berbagi
diantara sesama siswa. Bersaing secara sehat dan dinamis. Tentu hal ini tidak
terlepas dari motivasi dan bimbingan guru yang dapat mengubah paradigma
mempelajari matematika yang dianggap momok menakutkan bagi siswa pada
umumnya;  dari sebuah mata pelajaran
yang  dianggap bagi sebagian kalangan
siswa di kelas tergolong sulit. Hanya peserta didik tertentu saja yang memiliki
bakat dan ketekunan untuk mempelajari serta matematika sebagai pilihan sekolah
lanjutan.
Untuk mencapai target capaian
kurikulum esensial pada pembelajaran mata pelajaran masa Pandemi ini, guru
kelas 9, memilih kompetensi Bangun Ruang dalam menerapkan aplikasi model Tiktok
yang dipilih dan dikembangkan oleh guru dan siswa. Hasilnya, setiap peserta
pada kelas yang diajarkan dengan strategi dan pendekatan model Tiktok, memperoleh
hasil yang memuaskan, baik secara akademik, keterampilan dan sikap serta
karakter siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa link tugas siswa sebagai
berikut.
| 
   | 
  
   | 
 |
| 
   | 
  
   | 
 
Dari analisis dan elaborasi
pembelajaran yang dikembangkan guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 1
Komodo, sangatlah cocok dengan metode, strategi dan pendekatan  pemanfaatan pembelajaran sesuai pedoman Pisa
dalam Asesmen Kompetensi Minimum( AKM) dan Asesmen Nasional( AN) pengganti UN.
Oleh karena itu, sejalan dengan
sistem pembelajaran memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara positif
untuk menginspirasi para guru dan siswa di sekolah. Ada kemudahan untuk
mengakses media pembelajaran secara kreatif, kolaboratif, inovatif,
terintegratif, koperatif dan komunikatif. Dengan mendayagunakan media yang
sedang trending saat ini dimedia sosial adalah Tiktok.
Dari pemanfaatan media
pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Tiktok dapat meningkatkan semangat
belajar bagi siswa SMP Negeri 1 Komodo, khusus untuk kelas IXE tahun pelajaran
2020/2021. Dengan harapan dengan aplikasi pembelajaran Tiktok, memudahkan
memahami tentang pembelajaran matematika siswa umumnya.
                                SMPN 1 Komodo