NEWS UPDATE :  

Artikel

Aplikasi Model Tiktok Sebagai Strategi Pembelajaran

Aplikasi Model Tiktok Sebagai Strategi Pembelajaran

( Richarda Mevy Djeradut, S.Si, Guru Matematika SMP Negeri 1 Komodo, Labuan Bajo)

 

Pembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi momok dan menegangkan bagi kalangan siswa, hampir pada semua level, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan Menengah. Tapi bagi setiap guru mata pelajaran matematika memiliki kepiawaian untuk mendekatkan pelajaran matematika dengan berbagai cara, strategi dan kiat-kiat yang dianggap bisa diterima oleh anak didik di kelas.

Pembelajaran di tengah masa Pandemi Corona( covid-19) ini, yang sudah berjalan setahun lebih; dengan pendekatan pembelajaran dari rumah( BDR), dengan beraneka ragam tantangan sekaligus peluang untuk dapat dijadikan sebuah model pembelajaran  untuk guru tampil elegan; kreatif kritis, dan koperatif, dan kolaboratif (C4), dengan karakter siswa yang dapat mengikuti panduan guru matematika untuk memahami matematika secara baik mudah dimengerti oleh kalangan siswa. Bentuk dan aplikasi yang dikembangkan guru dan siswa adalah pendekatan strategi aplikasi Tiktok.

Ternyata, para siswa yang diasuh dan mempelajari mata pelajaran matematika dengan penuh gembira dan rasa ingin tahu yang tinggi dan saling  berbagi diantara sesama siswa. Bersaing secara sehat dan dinamis. Tentu hal ini tidak terlepas dari motivasi dan bimbingan guru yang dapat mengubah paradigma mempelajari matematika yang dianggap momok menakutkan bagi siswa pada umumnya;  dari sebuah mata pelajaran yang  dianggap bagi sebagian kalangan siswa di kelas tergolong sulit. Hanya peserta didik tertentu saja yang memiliki bakat dan ketekunan untuk mempelajari serta matematika sebagai pilihan sekolah lanjutan.

Untuk mencapai target capaian kurikulum esensial pada pembelajaran mata pelajaran masa Pandemi ini, guru kelas 9, memilih kompetensi Bangun Ruang dalam menerapkan aplikasi model Tiktok yang dipilih dan dikembangkan oleh guru dan siswa. Hasilnya, setiap peserta pada kelas yang diajarkan dengan strategi dan pendekatan model Tiktok, memperoleh hasil yang memuaskan, baik secara akademik, keterampilan dan sikap serta karakter siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa link tugas siswa sebagai berikut.

https://youtu.be/NqkRVhmGSg8

 

 

https://youtu.be/e28o7gdRtH0

 

 

Dari analisis dan elaborasi pembelajaran yang dikembangkan guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 1 Komodo, sangatlah cocok dengan metode, strategi dan pendekatan  pemanfaatan pembelajaran sesuai pedoman Pisa dalam Asesmen Kompetensi Minimum( AKM) dan Asesmen Nasional( AN) pengganti UN.

Oleh karena itu, sejalan dengan sistem pembelajaran memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara positif untuk menginspirasi para guru dan siswa di sekolah. Ada kemudahan untuk mengakses media pembelajaran secara kreatif, kolaboratif, inovatif, terintegratif, koperatif dan komunikatif. Dengan mendayagunakan media yang sedang trending saat ini dimedia sosial adalah Tiktok.

Dari pemanfaatan media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Tiktok dapat meningkatkan semangat belajar bagi siswa SMP Negeri 1 Komodo, khusus untuk kelas IXE tahun pelajaran 2020/2021. Dengan harapan dengan aplikasi pembelajaran Tiktok, memudahkan memahami tentang pembelajaran matematika siswa umumnya.

 

 https://florescreative.co.id/2021/03/15/aplikasi-model-tiktok-sebagai-strategi-pembelajaran/